Percobaan 1




1. Prosedur Percobaan [Kembali]


  1. Rangkai rangkaian seperti gambar dibawah ini.
  2. Set Switch B0 ke logika 1, Analisa Output yang terjadi, operasi reset dapat dilakukan setiap saat dengan menset Switch B0 ke logika 0. Gambarkan bentuk sinyal CLK terhadap H0,H1,H2 dan H3, dan analisa hasil tersebut.
    2. Hardware [kembali]



    3. Video  [kembali]







    4. Jurnal  [kembali]







    5. Analisa  [kembali]
    1. Jelaskan prinsip rangkaian percobaan !
    Sinyal yang dihasilkan output awalnya bernilai binner 0000, lalu pulsa ke 1 menghasilkan binner 0001, hingga pulsa ke 15 menghasilkan 1111. dan pulsa ke 16 kembali menghasilkan 0000, atau kembali seperti awal saat rangkaian dijalankan. Jadi bentuk sinyalnya 4 bit yang membagi frekuensi menjadi 16 kali.
    saat LED mati, sama artinya dengan binner yang berlogika 0, saat LED hidup sama artinya dengan binner yang berlogika 1.

           2.Analisa pengaruh clock dan output yang dihasilkan oleh rangkaian !
    Clock pada rangkaian berfungsi untuk mengatur seluruh data agar dapat diproses oleh rangkaian. Semakin tinggi frekuensi clock maka kecepatan hidup matinya LED pada clock juga akan semakin cepat, dan semakin cepat pula hidup matinya LED pada penanda H0, H1, H2, dan H3.
    Seperti pada percobaan, clock dipasang pada salah satu kaki counter, dan dihubungkan ke counter yang lainnya secara seri dengan counter disebelahnya. Lalu setiap counter dihubungkan ke H0, H1, H2, dan H3. Ketika sinyal clock pertama masuk, atau LED clock pertama menyala, maka LED pada H0 H1 H2 dan H3 akan mati. Tetapi saat detik selanjutnya LED pada clock akan mati, dan kembali hidup, begitulah setiap detik seterusnya.
    Dimulai dari sinyal clock pertama, LED pada H0 H1 H2 dan H3 akan membentuk bilangan binner dari 0 sampai 15. LED mati disimbolkan dengan logika 0 dan LED hidup disimbolkan dengan logika 1. LED dari counter yang paling dekat dengan clock akan bergantian hidup dan mati setiap detiknya, sedangkan LED dari counter selanjutnya akan bergantian hidup dan mati setiap kelipatan 2 detik dari counter sebelumnya.

    6. Link Download  [kembali]

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar